You are here

Apa, Bagaimana, Kapan: Makan Untuk Hidup Sehat dan Bahagia (Bagian 1)

jonathanbayu's picture
Submitted by jonathanbayu on March 30, 2018 - 8:36pm
Author: 
Ray Silitonga

makanan sehat

sumber gambar : hellosehat.com

 

Makanlah apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Puaskan terlebih dahulu kebutuhan tubuh, kemudian barulah kebutuhan akan selera atau cita rasa. Memakan sesuatu yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan berpengaruh buruk bagi kesehatan. Tanpa kita sadari, tubuh harus menggunakan tenaga kehidupan (Vital‐Force) yang sangat berharga untuk membuangnya.

 

Ketahui, pahami, dan terapkan prinsip APA, BAGAIMANA, dan KAPAN makan untuk hidup sehat dan bahagia.

 

Manfaatkan dan tingkatkan kegunaan berbagai Enzyme dan Cairan Pencernaan(Gastric‐Juices) yang disediakan oleh tubuh untuk mencerna makanan secara sempurna sehingga nutrisi makanan dapat diserap dengan maksimal.

 

Makanan yang tidak dicerna dengan sempurna akan menjadi busuk atau mengalami fermentasi di dalam usus (jalur pencernaan) sebagai akibat pekerjaan bakteri atau jamur yang dapat membentuk berbagai macam gas atau bahan beracun seperti methane, hydrogen sulfide, mercapatans, cadaverine, putrescine, ammonias, indoles, skatoles, leukomaines, dll. Gas-gas ini dapat menjadi pemicu kanker. Gangguan pencernaan yang berkelanjutan dapat mengakibatkan berbagai penyakit.

 

Makanlah makanan yang diperuntukkan untuk kehidupan manusia. Makanlah makanan itu dalam keadaan se-alamiah mungkin. Artinya, hindari makanan olahan, khususnya yang mengandung bahan kimia seperti pengawet, penyedap, pewarna, dan perangsang/stimulan.

 

Makanlah makanan yang cocok untuk tubuh anda; sesuatu yang cocok untuk seseorang belum tentu cocok untuk orang lain. Misalnya, susu tidaklah cocok untuk seorang yang lactose intoleran.

 

Pelajari dan catat makanan apa yang cocok dan hindari yang tidak cocok untuk tubuh anda. Setiap orang mempunyai tubuh berbeda-beda; tidak ada seorang pun yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk yang lainnya. Namun, kita harus menyadari kenyataan bahwa ada sesuatu yang menjadi acuan untuk kehidupan yaitu, kita semua diatur oleh hukum alam yang sama.

 

Kenali dan hargai tanda-tanda serta amaran yang diberikan oleh tubuh anda; oleh karena tubuh anda berjuang untuk melepaskan diri dari berbagai beban yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

 

Itulah kunci pemahaman awal  dalam seri pelajaran kesehatan “Apa, Bagaimana, dan Kapan: Makan Untuk Hidup Sehat dan Bahagia". Artikel ini akan bersambung ke bagian kedua yang akan membahas tentang gangguan pada pencernaan.

 

Tuhan Memberkati

Facebook comments