You are here

Bolehkah Minum di Saat Makan?

jonathanbayu's picture
Submitted by jonathanbayu on March 23, 2018 - 9:12pm
Author: 
Jonathan Bayu Sarman

Minum pada saat makan, tentu merupakan suatu hal yang lumrah kita lakukan. Meminum minuman sejenak di sela makanan pedas dan kering sangat melegakan tenggorokan. Hampir selalu ketika makan, minuman dingin adalah temannya. Bahkan, jika anda tahu, ada iklan sebuah produk minuman kemasan yang menggaungkan makanan apapun yang dimakan selalu sediakan minuman. 

Pernahkan anda terpikir bahwa minum di saat makan dapat menimbulkan efek yang tidak baik dalam proses pencernaan di dalam lambung? Nyonya White sudah memberitahunya sejak lama tentang hal ini.

Jikalau seorang meminum air sewaktu makan, air itu akan mengurangi aliran air liur. -PDMA, 452.

Air liur diketahui sebagai cairan yang membantu kita dalam mengunyah dan mengolah makanan. Sudah tentu jika aliran air liur terganggu oleh banyaknya asupan minuman yang kita minum. Maka akibatnya proses pencernaan makanan jadi terhambat.

Baca juga artikel sebelumnya : Makan di Antara Jam Makan.

Tulisan Nyonya White ini juga didukung oleh penelitian terkini yang menyatakan bahwa meminum banyak air di saat makan akan menggerus air liur di dalam mulut dan lambung. Menjejalkan air ke dalam lambung berarti menambah tingkat kecairan makanan yang sedang diproses, tentu ini akan menjadikan makanan lebih lama dicerna karena lambung harus menyesuaikan kadar air dan makanan bisa tidak terserap ke dalam tubuh.

Minum di saat makan

Bagaimana dengan minuman dingin? Itu bisa lebih berbahaya lagi. 

Air es atau es jeruk yang diminum bersama makanan akan menghambat pencernaan sampai tubuh itu menghasilkan cukup panas supaya alat pencernaan dapat bekerja kembali. -PDMA 452.

Minum air pada saat makan, ternyata juga ada pengaruhnya terhadap berat badan. Menurut studi American Chemical Society of Boston, orang yang minum dua gelas air sebelum makan, mereka akan makan lebih sedikit 75%-90% kalori! Mengapa begitu? Karena sifat air yang bisa menghilangkan rasa lapar dan akhirnya berpikir bahwa mereka tidak perlu makan banyak.

Ada penelitian juga yang membuktikan bahwa mencampurkan air dengan makanan dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin. Semakin banyak insulin yang dilepaskan ke aliran darah, maka semakin tinggi kemungkinan tubuh kita menyimpan lemak. 

Jadi, bagaimana menghindari rasa haus ketika makan? 

Jawabannya adalah sebagai berikut,

  1. Minumlah air sebelum anda makan. Sesuai apa yang sudah dijelaskan di atas, minum air bukan hanya menghilangkan dahaga, tetapi juga mengurangi nafsu makan kita yang 'banyak'.
  2. Pastikan makanan tidak terlalu asin. Selain karena makanan asin tidak sehat, garam yang terkandung dalam makanan juga membuat tubuh menagih air lebih.
  3. Pastikan juga makanan tidak terlalu pedas. Inilah sulitnya menjadi orang Indonesia yang suka pedas-pedas. Rasa terbakar dalam mulut tentu membuat kita ingin meminum lebih banyak air sebagai penawar.
  4. Janganlah makan secara terburu-buru. Makanlah pelan-pelan, dan biarkan air liur itu bercampur dengan makanan. -PDMA 452. Makan terburu-buru menyebabkan kesulitan menelan karena air liur yang keluar masih sedikit.Dengan banyak mengunyah, enzim di mulut akan banyak keluar yang akan membantu mempercepat proses penyerapan sari makanan di usus.

Perlu diingat, minum air setelah makan bukanlah tindakan yang tepat. Itu karena makanan yang dimakan masih diproses dalam lambung. Minumlah paling tidak dua jam setelahnya, ini justru dapat membantu penyerapan nutrisi ke dalam tubuh.

Bagaimana jika memang ada kesulitan dalam menelan atau ada gangguan di tenggorokan? Minumlah hanya seteguk, jangan segelas, karena minum seteguk tidaklah berpengaruh secara signifikan dalam proses pencernaan.

 

"Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.-Amsal 16:3

Berdoa dan berusahalah agar Tuhan menuntun kita semua kepada kehidupan yang lebih baik dan selaras dengan firmanNya. 

Referensi :

  • Alkitab
  • White, Ellen. 1991. Petunjuk Diet dan Makanan Anda: Indonesia Publishing House.
  • Timesofindia.indiatimes.com
  • Healthmir.com
  • Livestrong.com
  • Sumber gambar 1 : livestrong.com

 

 

 

Facebook comments