You are here

Akar dan Cabang menjadi Satu (Yesaya 11)

joashlorenzo's picture
Submitted by joashlorenzo on January 27, 2021 - 12:00am
Podcast: 

Podcast by AWR Indonesia | Radio Advent - Suara Pengharapan

adventbenhil.org : Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa -

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa

 

RABU, 27 JANUARI

Akar dan Cabang menjadi Satu
(Yesaya 11) 

Siapakah "tunas” yang keluar “dari tunggul Isai" di Yesaya 11: 1? Lihat juga Za. 3: 8, 6: 12. 

Yesaya 11: 1 mengambil gambaran pohon tumbang dalam 10: 33, 34. “Tunggul Isai” mewakili pendapat yang menyatakan bahwa dinasti Daud (anak Isai) akan kehilangan kuasanya (Dan. 4: 10-17, 20-26). Namun akan bangkit “sebuah tunas” yang keluar dari “tunggul” yang tampaknya sudah hancur, ya seorang pemerintah dari keturunan Daud. 

Mengapakah pemerintah dari keturunan Daud juga disebut “pangkal Isai” (Yes. 11: 10)? Apakah pemahaman yang dibuat ini? Why. 22: 16. 

Gambaran ini hanya cocok kepada Yesus Kristus, yang merupakan “pangkal dan keturunan Daud” (Why. 22: 16). Kristus datang dari garis keturunan Daud (Luk. 3: 23-31), yang merupakan keturunan Adam, yang juga merupakan “Anak Allah” (Luk. 3: 38) dalam arti bahwa Kristus juga menciptakannya (lihat Yoh. 1: 1-3, 14). Jadi, Kristus merupakan nenek moyang Daud, dan pada saat yang sama keturunannya! 

Dalam cara apakah pemerintahan keturunan Daud mengembalikan efek jahat dari dosa dan kemurtadan? Yesaya 11. 

Dia berpikir dan bertindak selaras dengan Tuhan, menghakimi dengan adil, menghukum yang jahat, dan membawa damai. Ketika Dia memegang kendali, Tuhan akan mengembalikan, memulihkan, dan menyatukan umat sisa Israel dan Yehuda yang setia (Bandingkan Yes. 10: 20-22). Akan ada kerajaan yang kuat, dan bersatu sama seperti zaman Raja Daud, yang mengalahkan pasukan Filistin dan bangsa-bangsa lain. Namun pemerintahan yang baru akan lebih hebat dari Daud di mana Dia akan mengembalikan damai sampai kepada esensi ciptaan itu sendiri: Hewan pemangsa tidak akan menjadi pemakan daging lagi, dan akan hidup bersama dalam damai dengan yang dulu menjadi mangsanya (Yes. 11: 6-9). 

Apakah Yesaya 11 berbicara hanya tentang kedatangan Kristus yang pertama, yang kedua, atau keduanya? Pelajari nubuatan dan beri tanda ayat mana yang berbicara tentang kedatangan pertama dan ayat mana yang membahas kedatangan yang kedua. 

Dalam Yesaya 11, baik kedatangan Yesus yang pertama dan yang kedua dihadirkan dalam satu gambaran. Keduanya diikat menjadi satu, sebab keduanya adalah dua bagian yang utuh, seperti dua sisi bidang datar. Rencana keselamatan, agar dapat sempurna, menuntut: kedatangan yang pertama, yang sudah terlaksana, dan kedatangan yang kedua, yang kita nantikan sebagai penyempurna pengharapan kita sebagai orang Kristen. 

Apakah yang Kristus telah selesaikan pada kedatangan yang pertama yang memberikan kepada kita jaminan tentang kedatangan-Nya yang kedua kali? Apakah maksud kedatangan-Nya yang pertama jika tidak menghasilkan kedatangan-Nya yang kedua?

Facebook comments