You are here

Pendalaman

joashlorenzo's picture
Submitted by joashlorenzo on September 5, 2020 - 6:20am

adventbenhil.org : Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa -

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa

 

JUMAT, 4 SEPTEMBER 

PENDALAMAN: Beberapa tahun yang lalu sebuah gereja kecil di Eropa, di luar salah satu kota besar di benua itu memutuskan bahwa ia harus melakukan sesuatu yang penting bagi Tuhan. Gereja itu stagnan. Tidak ada yang dibaptis selama bertahun-tahun. Jika tren ini berlanjut, gereja hanya memiliki sedikit masa depan. Pendeta dan majelis gerejanya dengan sungguh-sungguh berdoa dan dengan hati-hati mempertimbangkan apa yang mungkin mereka lakukan. 

Ketika mereka mempelajari Perjanjian Baru, mereka memutuskan untuk mendirikan pelayanan kelompok kecil. Sembilan orang awam di jemaat tersebut menangkap visi itu. Mereka berkomitmen untuk berdoa bersama dan mempelajari cara membangun pelayanan kelompok kecil mereka secara efektif. Segera mereka memutuskan untuk menjadikan masing-masing rumah mereka sebagai pusat penginjilan. Kelompok-kelompok belajar untuk melatih karunia mereka dengan berbagai cara. Mereka meluncurkan program pelayanan doa dan keramahtamahan. Mereka mengembangkan persahabatan di masyarakat. Mereka mengulurkan tangan dalam kebaikan kepada keluarga, teman, dan mantan anggota Advent. Para pemimpin kelompok kecil memulai pelajaran Alkitab di sembilan rumah dengan empat puluh tamu yang hadir. Mereka terkesima dengan apa yang dilakukan oleh Roh Kudus. Akhirnya tujuh belas dari empat puluh orang itu dibaptiskan. Kesaksian dari gereja kecil yang stagnan itu adalah bahwa kelompok-kelompok kecil membuat perbedaan besar. Itu adalah salah satu alat Tuhan untuk melibatkan banyak anggota gereja dalam misi gereja. 

Pertanyaan-pertanyaan untuk Didiskusikan: 

  1. Di kelas, bahas lebih lanjut elemen-elemen penting dalam setiap kelompok kecil sebagaimana diuraikan dalam pelajaran hari Kamis. Jenis kegiatan apa sajakah di mana kelompok kecil dapat terlibat? Dengan cara apakah kelompok kecil dapat membantu mereka yang memiliki karunia khusus benar-benar dapat menggunakan karunia itu tidak seperti sebelumnya? 
  2. Mengapakah begitu penting sehingga kelompok-kelompok kecil harus tetap fokus pada misi? Artinya, betapapun kelompok-kelompok kecil dapat membantu memelihara dan mendukung anggotanya, mengapakah itu harus selalu berpusat pada tujuannya untuk mengabarkan Injil? Mengapakah juga, kelompok kecil harus selalu terhubung dengan tubuh gereja lokal? Mengapakah itu begitu penting? 
  3. Pernahkah Anda menjadi bagian dari atau mendengar tentang kelompok kecil yang tidak berfungsi secara efektif dan akhirnya mati? Diskusikan alasan mengapa Anda berpikir Ini mungkin terjadi. 
  4. Pikirkan tentang kisah di atas, tentang apa yang terjadi di Eropa dengan pelayanan kelompok kecil. Menurut Anda mengapakah itu bekerja dengan sangat baik? Apakah yang mereka lakukan itu, dalam banyak hal, begitu sederhana namun efektif? Mengapakah juga, bekkerja di lingkungan rumah yang “lebih arnan,” sebagai lawan dari bangunan gereja, menjadi cara yang efektif untuk memulai jangkauan keluar di lingkungan atau masyarakat?

 

 

Facebook comments