You are here

Pendalaman

joashlorenzo's picture
Submitted by joashlorenzo on February 26, 2021 - 12:00am
Podcast: 

Podcast by AWR Indonesia - Radio Advent Suara Pengharapan

adventbenhil.org : Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa -

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa

 

JUMAT, 26 FEBRUARI

PENDALAMAN: Baca gambaran Ellen G. White tentang pelayanan penycmbuhan dan pengajaran yang dilakukan Yesus “Di Kapernaum,” Alfa dan Omega, jld. 5, hlm. 261 272. 

“Dalam pekerjaan menarik jiwa, kebijaksanaan dan akal budi diperlukan. Juruselamat tidak pernah memaksakan kebenaran itu, tetap! Sa mengucapkannya selalu dengan kasih. Dalam pergaulan-Nya dengan orang lain, Ia menggunakan kebijaksanaan yang paling agung, dengan selalu ramah dan penuh pertimbangan. Ia tidak pernah kasar, tidak pernah mengucapkan suatu perkataan dengan keras dan sia-sia, tidak pernah melukai jiwa yang peka. Ia tidak mengecam kelemahan manusia. Dengan tak gentar Ja menegur kemunafikan, ketidakpercayaan, dan kejahatan, tetapi dengan air mata Ia mengucapkan teguran-Nya yang pedas. Ia tidak pernah membuat kebenaran kejam, tetapi selalu menyatakan suatu kelemahlembutan yang dalam untuk manusia. Setiap jiwa indah pada pemandangan-Nya. Ia menampilkan diri-Nya dengan keagungan Ilahi: namun Ia tunduk dengan kasih sayang yang paling lembut dan menghormati setiap anggota keluarga Allah. Ia melihat pada semua . orang, jiwa-jiwa yang menjadi tujuan tugas penyelamatan yang diadakanNya.”-Ellen G. White, Pelayan Injil, hlm. 102. 

Pertanyaan-pertanyaan untuk Didiskusikan: 

  1. Secara kelas, bacalah bersama apa yang Ellen G. White tuliskan di atas tentang bagaimana Kristus melayani orang lain. Diskusikan prinsip-prinsipnya di sana, lalu diskusikan bagaimanakah gereja Anda dapat merefleksikan prinsip-prisnip itu secara bersama-sama. 
  2. Apakah Anda mengetahui “buluh yang terkulai” atau “sumbu yang hampir padam” (Yes. 42: 3)? Bagaimanakah Anda dapat menolong orang ini tanpa membuat mereka “hancur” atau “tawar hati”? Bagaimana caranya mengarahkan pandangan mereka kepada Tuhan? Dalam cara yang praktis, apakah yang Anda minta supaya mereka lakukan agar mendapatkan penyembuhan dan pertolongan? 
  3. Argumen bahwa Yesaya memiliki dua penulis yang berbeda berasal dari anggapan bahwa manusia tidak dapat memberitahukan masa depan seperti yang dilakukan oleh Yesaya. Apakah masalah utama dengan argumen ini, dan mengapakah kita sebagai umat Kristen, menolak pendapat itu? 

RINGKASAN: Pembebasan membutuhkan Pembebas. Pelayan Allah secara bangsa akan dibebaskan oleh dua pembebas: Koresh, yang akan membebaskan para tawanan dari pembuangan Babel, dan Hamba tanpa nama, di mana identitasnya sebagai Mesias dinyatakan secara bertahap. Hamba ini akan mengembalikan keadilan dan membawa bangsa Israel kembali kepada Allah.

Facebook comments