You are here

Satu Perjanjian Kekal

joashlorenzo's picture
Submitted by joashlorenzo on April 17, 2021 - 12:00pm
Podcast: 

Podcast by AWR Indonesia - Radio Advent Suara Pengharapan

adventbenhil.org : Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa -

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa

 

PELAJARAN 4

17-23 APRIL 

Satu Perjanjian Kekal 

SABAT PETANG 

Bacalah untuk Pelajaran Pekan Ini: Kel. 3: 14, Kej. 17: 1-6, Kej. 41: 45: Dan. I: 7: Kej. 15: 7-18: Kej. 17: 1-14, Why, 14: 6, 7. 

Ayat Hafalan: “Aku [Allah] akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau (Abraham) serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu” (Kejadian 17: 7). 

Berapa banyak yang dapat mengingat dengan jelas penyakit pada masa kanak-kanak kita, atau radang paru yang membuat kita sangat sakit, dengan kemungkinan terjadi sesuatu yang lebih buruk? Dalam satu malam yang panjang dengan sakit demam, kita akan terbangun, dalam keadaan setengah tidur melihat ayah atau ibu kita duduk disebuah kursi di samping tempat tidur dengan cahaya malam yang lembut. 

Demikianlah, satu gambaran pikiran manusia, Allah duduk di samping tempat tidur dari satu dunia yang sakit dosa ketika kegelapan moral semakin dalam di abad-abad sesudah Air Bah. Untuk alasan ini, Dia memanggil Abraham keluar dan berencana untuk menetapkan melalui hamba-Nya yang setia ini satu umat yang Dia bisa percayakan pengetahuan tentang diri-Nya sendiri dan memberikan keselamatan. 

Karena itu, Allah masuk dalam satu perjanjian dengan Abraham dan anak cucunya yang ditegaskan dalam satu rencana Ilahi yang lebih rinci untuk menyelamatkan umat manusia dari akibat-akibat dosa. Tuhan tidak membiarkan duniaNya tanpa pengawasan, atau meninggalkan dunia ini dalam kondisi yang sangat membutuhkan. Pekan ini kita akan melihat pengungkapan dari janji perjanjian yang lebih banyak. 

Sekilas Pelajaran Pekan Ini: Apakah nama Allah itu? Apakah arti nama itu? Apakah arti penting ari nama-nama Allah yang digunakan untuk memperkenalkan diri-Nya sendiri kepada Abraham? Apakah nama-nama yang Dia gunakan untuk memperkenalkan diri-Nya sendiri? Mengapa Allah mengubah nama Abram menjadi Abraham? Mengapa nama-nama itu penting? Apakah syarat-syarat, atau kewajiban-kewajiban, yang melekat pada perjanjian itu? 

*Pelajarilah pelajaran pekan ini untuk persiapan pada Sabat, 24 April.

Facebook comments